Friday 4 November 2011

Say No To Cheating

Well, listen up. Mencontek itu udah jadi 'tradisi' baik saat ujian atau ulangan harian biasa. Ada ratusan gaya mencontek. Ada yang liat buku, liat copy-an buku atau catatan yang sudah di mikro alias di copy kecil, ada yang nanya langsung sama temen kanan-kiri-depan-belakang, ada yang via smsan sama temen di luar ruangan atau bahkan dalam ruangan, malah sekarang ada yang lebih canggih yaitu via grup BBM, dan masih banyak lagi. Alat yang digunakan sebagai bahan contekan itu ada yang di taro di laci, di dudukin, di kempit diantara paha, di taro di kantong, di taro di bawah kertas ujian atau papan ujian, di masukin dalam kotak pensil, di tempel di bawah meja, dan lain-lain.

Pasti semua pernah nyontek? Iya kan? Agak munafik kalo bilang ngga pernah. Aku sendiri pernah. Dan termasuk yang sering nyontek saat SMP dan SMA. Tapi Alhamdulillah pas UN kemaren aku ngga nyontek dikarenakan aku ngga percaya teman karena seorang teman pun bisa berubah LICIK saat ujian.

Nah, sebenernya nyontek itu rugi apalagi kalo sumbernya kurang bisa di percaya. Ruginya ngga cuma buat kita loh, buat orang lain juga.

Contoh :
  • Kita nanya temen, apa iya jawaban yang dia kasih bener? Bisa aja dia salah. Apalagi yang kita tau nilai tugas sehari-harinya lebih bagus kita walaupun cuma lebih bagus setengah angka. Aku pernah pengalaman nih, jadi aku udah jawab soal itu. Tapi emang ragu sih saat itu. Akhirnya aku nanya sama temen, dia bilang jawabannya bukan itu dan dia ngasih tau jawaban punya dia. Pas di koreksi, jawaban aku tadi BENER ! Yassalaaaam... asli nyesel banget. Lebih sakit salah karena mencontek daripada salah karena hasil sendiri kan?
  • Kita nanya ke temen yang kita tau nilai tugas sehari-harinya jauh lebih bagus daripada kita. Otomatis kita percaya aja kan sama jawaban yang di dapet dari dia. Tapi..... jaman sekarang edan men. Bisa aja jawaban yang dia kasih itu hasil ngarang! Ini cerita dari temen deket aku. Waktu try out kemarin temen aku itu duduk 2 bangku di belakang orang paling pinter di kelas. Pasti sama kan ya kode soalnya. Sambil bisik-bisik doi nanya sama si pinter (sebut saja Bunga), si Bunga bilang jawabannya C. Dengan senyum mengembang temen aku tadi langsung ngisi lembar jawabannya. Tapi..... saat doi mau ngumpul lembar jawabannya (pasti kan ngelewatin mejanya si Bunga ya), doi ngeliat jawaban punya Bunga di nomer yang ditanyain tadi beda! Eng i eeeeng... doi langsung shock dan nyesek kayak orang galau di tinggal pacar. Kalo ada aku disitu, pasti aku langsung ngakak dan nyuruh dia melambaikan tangan di kamera pojok sebelah sana, sana, dan sana sambil ngomong "Selamat anda terkena jebakan Bungmeeeeen, Bunga Betmeeen!" Keesokan harinya, temen aku mau nge-tes si Bunga. Semacam eksperimen ingin membuktikan apa Bunga memang sengaja memberi hasil jawaban yang salah. Jadi temen aku sudah kongkow nih sama temen se-kode lainya (sebut saja Anggrek). Sudah janjian untuk menanyakan nomer yang sama. Pertama doi nanya, si Bunga bilang jawabannya D. Beberapa menit kemudian Si Anggrek nanya, eh si Bunga bilang jawaban B! Betapa geramnya temen aku ini. Idung doi langsung kembang kempis menahan amarah. Picik banget si Bunga. Asli picik abis pake z! Tuh kan, nyontek sama orang pintar pun ngga menjamin boy.
  • Terus pernah nih temen aku nyontek di buku pas try out. Dia naro di paha dan kalau ada pengawas lewat dia langsung dudukin bukunya. Asli gerakannya cepet abis. Tapi mungkin hari itu Dewi Fortuna tidak berpihak padanya. Pas doi mau ngambil buku yang abis di dudukin, bukunya jatoh! kebayang kan betapa nyaringnya buku jatoh ke lantai saat keadaan sepi se-sepi tulisan "Harap tenang, ada ujian." Langsung deh buku itu di tabokin ke kepalanya sama pengawas yang marah banget sama doi. Kebetulan pengawasnya masih guru sekolah aku, bukan guru dari luar sekolah. Tamatlah try outnya hari itu di detik itu juga. Miris.
  • Ngerugiin orang lain? Iyalah. Kita jadi ngga menghargai orang yang sudah mati-matian belajar. Kayak pas Quiz Psikologi Fa'al kemarin misalnya. Pengalaman pribadi sih ini. Aku emang ngerasa lemah di Psikologi Fa'al. Aku pikir cuma aku yang ngerasa gitu, ternyata rata-rata juga merasa hal yang sama kayak aku. Aku udah belajar dan coba memahami saraf-saraf otak yang baru aku baca dikit aja udah bikin pala pening nyetrum-nyetrum gimanaaa gitu. Malah temen aku si Yopita lebay banget, dia bilang pengen muntah mual gara-gara belajar ini -__- Nah pas quiz soalnya Ya Allah rumit abis. Hari itu juga di koreksi. Oh ya, quiz hari itu berbarengan dengan kelas C (aku kelas B) yang udah duluan jam 10, kelas aku jam 1. Temen sekelas aku yang kalo kuliah itu bener-bener ngga merhatiin dosen terutama pas mata kuliah ini, bukannya aku ngeremehin tapi aku ngerasa ya aku lebih rajin daripada dia, dapet nila A+. Saya tekankan, A-PLUS yang berarti benar semua. Sedangkan aku dan temen-temen aku yang lain cuma dapet antara C, B-, B, dan yang paling pinter aja B+. Aku sih biasa aja walaupun yah menarik napas panjang lah. Tapi temen aku (sebut saja Mas Boy) sakit hati banget kayaknya. Doi ngomel-ngomel kayak gini, "Paling benci liat orang nyontek. Belajar aja ngga pernah, tapi bisa dapet nilai segitu. Curang banget!" Dalam hati aku meng-iya-kan kata-kata Mas Boy. Pengalaman lain aku dapet dari adek kelas aku yang baru aja kemaren mengeluarkan unek-unek nya di twitter karena merasa di curangin. Dia udah belajar mati-matian buat Mid Semester tapi yang nyontek bisa dapet nilai yang sama bagusnya kayak yang belajar mati-matian. Nyesek abis.

Kamu harus optimis. Kamu harus yakin sama jawaban kamu sendiri. Jangan ikut-ikutan nyontek karena pasrah. Man Jadda Wajadda (siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil).

Menaklukan soal itu ngga cuma pake belajar, tapi juga pake doa, biar kata ragu itu hilang. Dosen aku pernah bilang, tujuan nyelesein ujian itu bukan supaya lulus atau cita-cita tercapai atau apapun, tapi tujuannya untuk Allah. Dengan begitu Allah akan meridhoi semua yang kita kerjakan. Subhanallah yah :) Makanya tetep berusaha aja yang penting nilai itu hasil dari kerja keras sendiri. Allah bakal tau kok mana yang pantas untuk di kasih berkah mana yang ngga :)

Cheating is one of corruption !

So, say NO to CHEATING !

NP: sebenernya nge-post kayak gini bukan mau sok pinter. Tapi berbagi pengalaman sama memovitasi aja. Syndrom UTS ini hehe. Karena terinspirasi Rima Andani juga (follow her on twitter! @rimajojong).

No comments:

Post a Comment