Monday 20 January 2014

Hadist

Kadang ngga bisa ngontrol emosi. Kadang secara ngga sadar melakukan kesalahan. Manusia ya gitu. Kadang ngerasa lagi down banget. Kadang ngerasa kayak lagi diatas sampe sombong. Kadang begini, kadang begitu. Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi 'Ala Diinik. Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami diatas agama-Mu.

Kadang kalo cuma denger nasehat dari orang rasanya kurang. Kurang nampar, kurang menyadarkan, kurang nampol gitu. Tapi kalo baca hadist, rasanya itu udah peringatan. Ini loh musti begini. Ngga mungkin salah kan kalo sudah hadist. Hadist yang jelas asal usulnya loh ya. 

Pernah dapet sms begini :
ditanya tentang peran orang tua, Rasulullah bersabda, "mereka adalah (yang menyebabkan) surgamu atau nerakamu." (HR. Ibnu Majah)

Pernah baca juga yang begini :
"Jika seseorang membongkar keburukan yg diketahuinya pd dirimu, jgnlah kamu membongkar keburukan yg kamu ketahui ada pd dirinya." (HR Ahmad)

"Jauhilah kemaksiatan karena ia akan menghapus pahala sujudmu dan mengeluarkanmu dari ketentraman." (Ibnul Qoyyim Al Jauziah)

"….dan orang-orang yang menahan marahnya dan memaafkan manusia. Dan sungguh, Allah mencintai orang-orang yang ihsan." (QS.Ali Imron]:134)

"Ada dua perkara yang menjadikan hati menjadi keras: Terlalu banyak bicara dan terlalu banyak makan." (Nuzhah Al-Fudhala`: 779)

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar Ra'd:11)

"Tiga orang yang tidak tertolak doanya: Imam yang adil, orang yang puasa sampai berbuka, dan orang yang dianiaya."(HR. Baihaqi)

"Tidak diterima sholat yg dilakukan tanpa wudhu&tidak diterima shodaqoh yg berasal dari harta yg didapat secara tidak halal."(HR Muslim)

"Tidak sempurna wudhu' sesorang yang tidak membaca basmallah." (HR. Ahmad)

"Tidak perlu sedu sedan dalam kesedihan. Apapun yg hilang kelak akan diganti dalam bentuk yang lain." (Jalaluddin Rumi)

"Tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan kekeluargaan." (HR. Bukhari & Muslim)

"Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar." (HR. Al Hakim)

"Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat." (QS. Al Hijr:56)

"Tiada masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sebesar biji sawi dari kesombongan." (HR. Muslim)

"Tanda2 orang munafik : jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari dan jika dipercaya berkhianat." (HR.Bukhari)


Masih banyak lagi. Di akun twitter @TeladanRasul aku banyak liat. Tau surat dan hadist itu bikin motivasi. Jadi pengen lebih baik lagi dan lagi. Jujur aja kadang bacanya sakit. Masih banyak dosa jadi makjleb. Yaudasih usaha lebih baik aja. Sebenernya ngeblog gini bukan mau sok pinter. Bukan mau sok religius. Dibilang berbagi ilmu juga biasa aja sih. Akunya aja lagi butuh pencerahan. Terus aku mau cerita aja kalo aku butuh pencerahan yang begini ngebantu banget. Mau marah, mau sedih, mau bete-bete jadi mikir kalo udah baca ginian. Yaah.. life's must go on, right? The power of hadist hehe

3 comments:

  1. tersentuh baca artikiel ini :') subhanallah kaa hehe

    ReplyDelete
  2. Share terus ttg kbaikan2 sbg syiar saling mengingatkan dalam kebaikan.
    Smg blog nya jd ladang pahala kami yg ngebaca dan ngeposting...

    ReplyDelete